Tautan-tautan Akses

6 Negara Kuat Mengadakan Pertemuan di Paris untuk Membicarakan Sanksi Terhadap Iran


Para pejabat tinggi dari 6 negara kuat mengadakan pertemuan di Paris hari ini untuk membicarakan sanksi terhadap Iran karena program nuklirnya.

Para diplomat dari ke-5 negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB – Inggris, Cina, Rusia, dan Amerika Serikat, tambah Jerman – akan menghadiri babak terbaru pembicaraan itu. Jurubicara Departemen Luar Negeri Perancis mengatakan pimpinan kebijakan luar negeri Uni Eropa, Javier Solana, juga akan menghadirinya.

Negara-negara utama itu sudah berunding selama beberapa minggu mengenai kemungkinan sanksi terhadap Iran. Perancis, Jerman dan Inggris sedang mengedarkan rancangan resolusi Dewan Keamanan. Tetapi, Rusia dan Cina mengatakan mereka menentang sanksi yang keras.

Iran tidak memperdulikan batas waktu PBB tanggal 31 Augustus untuk menghentikan program pengolahan uraniumnya. Teheran mengatakan mereka berhak mengembangkan teknologi nuklir untuk penggunaan damai.

Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya yakin Iran sedang menggunakan program nuklir sipilnya sebagai kedok untuk mengembangkan senjata nuklir.

XS
SM
MD
LG