Tautan-tautan Akses

Bush dan PM Irak Nouri al-Maliki Sedang Mengadakan Pertemuan di Yordania


Presiden Bush dan Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki sedang mengadakan pertemuan saat ini di Yordania untuk membicarakan cara-cara membendung kekerasan yang semakin memburuk di Irak.

Kedua pemimpin tadinya hendak mengadakan pertemuan kemarin dengan raja Yordania Abdullah di Amman. Tetapi, seorang pejabat Amerika mengatakan Maliki dan Raja Abdullah mengambil keputusan bahwa karena pertemuan mereka sangat berhasil – satu pertemuan lagi yang mengikut-sertakan Bush tidak dibutuhkan.

Gedung Putih membantah adanya kaitan antara perubahan jadwal dan memo yang menyatakan keraguan Amerika akan kemampuan Maliki untuk menguasai kekerasan di Irak. Para pejabat mengatakan pertemuan yang dibatalkan itu bukan penolakan oleh Perdana Menteri Irak.

Hari Rabu, Harian New York Times melaporkan adanya memo rahasia yang ditulis oleh Penasehat Keamanan Nasional Amerika Stephen Hadley yang menyatakan keprihatinan akan Nouri al-Maliki.

Maliki juga sedang menghadapi tentangan kuat dari dalam pemerintahannya atas pembicaraan Amman. Beberapa menteri dan anggota parlemen yang setia pada Imam radikal Shiah Moqtada al-Sadr memutuskan hari Rabu untuk memboikot pemerintah sebagai protes atas pertemuan di Amman.

XS
SM
MD
LG