Tautan-tautan Akses

Bush di Latvia: AS Tak Akan Menarik Pasukan Dari Irak Sampai Misinya Selesai


Amerika tidak akan menarik pasukannya dari Irak sampai semua tugas mereka selesai, kata Presiden Bush di Latvia hari Selasa. Kata Presiden Bush, pasukan Amerika akan membuat berbagai perubahan taktis yang diperlukan supaya tugas-tugasnya bisa sukses. Tanpa menjelaskan perubahan yang dimaksudnya, Presiden Bush mengatakan perang di Irak adalah bagian dari perang melawan ekstremisme di Timur tengah.

Ketika berada di Estonia sebelumnya, Presiden Bush mengatakan, serangan-serangan pemberontak di Irak adalah bagian dari komplotan al-Qaida untuk memicu aksi-aksi kekerasan antar golongan.

Sementara itu, Presiden Irak Jalal Talabani mengadakan perundingan hari kedua di Teheran dan bertemu dengan Ayatollah Ali Khamenei, pemimpin tertinggi Iran. Khamenei menyalahkan Amerika dan sekutu-sekutunya atas aksi-aksi kekerasan yang terjadi di Irak.

Selanjutnya, Bush mengatakan pakta pertahanan NATO akan terus diperluas dengan dukungan Amerika. Ini dikatakannya di ibukota Latvia, Riga ketika berlangsung pertemuan puncak NATO. Kata Presiden Bush, semua negara demokrasi di Eropa harus bisa masuk kedalam pakta pertahanan itu, kalau mereka menghendakinya.

Tahun ini tidak akan ada anggota baru, tapi kata Presiden Bush itu akan berubah tahun 2008. katanya, Kroasia, Macedonia dan Albania sudah ikut dalam menjajaki keanggotaan dalam Nato dan Amerika mendukung hal itu. Tapi menteri pertahanan Rusia Sergei Ivanov mempertanyakan pentingnya kehadiran militer NATO di kawasan Baltik.

XS
SM
MD
LG