Tautan-tautan Akses

Partai Demokrat Resmi Menguasai DPR dan Senat di Kongres AS


Persaingan ketat kursi Senat terakhir dari pemilu hari Selasa lalu telah dimenangkan oleh Partai Demokrat, sehingga memberikan kontrol kedua dewan di Kongres kepada partai oposisi itu untuk pertama kalinya dalam 12 tahun. Konfirmasi itu diberikan ketika Senator Republik George Allen mengakui kekalahan hari Kamis dalam pemilihan anggota Senat di negara bagian Virginia melawan Jim Webb dari Partai Demokrat.

Senator Harry Reid yang akan menjadi pemimpin Mayoritas Senat saat Kongres mengadakan sidang bulan Januari, mengatakan kepada kerumunan massa di Washington bahwa pemilihan itu menunjukkan warga Amerika menginginkan perubahan. Dia menyerukan adanya perubahan arah pada kebijakan di Irak.

Anggota Kongres Nancy Pelosi yang akan menjadi wanita pertama Amerika menduduki kursi ketua DPR bertemu dengan Presiden Bush hari Kamis. Ia mengatakan Partai Demokrat menantikan saat membuat kemajuan dalam mengatasi masalah-masalah yang dihadapi negara.

Presiden Bush mengucapkan selamat kepada Partai Demokrat, dan menyerukan agar kedua partai menyingkirkan perbedaan-perbedaan dan bekerja sama untuk isu-isu penting. Dengan selesainya pemilihan senat di Virginia, Partai Demokrat dan Partai Republik masing-masing memperoleh 49 kursi di Senat, namun dua pemenang independen – Joe Lieberman dari Connecticut dan Bernie Sanders dari Vermont telah berjanji akan beraliansi dengan Demokrat.

XS
SM
MD
LG