Tautan-tautan Akses

Parlemen Somalia Berusaha Tengahi Pertikaian Pemerintah dan Gerakan Islamis


Ketua parlemen Somalia mengatakan dia akan berusaha menengahi rancangan perdamaian antara pemerintah dan gerakan Islamis yang kuat di negara itu dalam upaya menghindarkan perang.

Sharif Hassan Sheik Aden mengatakan kepada wartawan di Nairobi hari ini, dia akan bertemu dengan para pemuka Islamis hari Minggu di ibukota Somalia, Mogadishu, yang dikuasai kaum Islamis. Aden mengatakan misinya belum mendapat otorisasi dari presiden ataupun perdana menteri. Belum ada tanggapan dari pemerintah. Perundingan damai antara pemerintah sementara dan kaum Islamis ambruk di Sudan hari Rabu.

Menurut para saksi mata, kedua pihak sedang menyiapkan pertempuran di seputar Baidoa, yang menjadi kedudukan pemerintah. Kota di Somalia selatan itu merupakan satu-satunya yang dikuasai pemerintah yang lemah itu.

Warga setempat mengatakan, kedua pihak telah mengerahkan bala-bantuan pasukan di kawasan itu, dan telah menguji coba artileri mereka dalam beberapa hari ini, yang menyebabkan sejumlah warga sipil lari dari wilayah itu.

XS
SM
MD
LG