Tautan-tautan Akses

Cina dan Korea Selatan Siap Berbicara Dengan Perdana Menteri Jepang Baru


Cina dan Korea Selatan mengatakan mereka siap berbicara dengan Perdana Menteri Jepang yang baru terpilih, Shinzo Abe, untuk memperbaiki hubungan antara negara-negara Asia yang bertetangga itu.

Perdana Menteri Cina Wen Jiabao mengirim pesan kepada Jepang tidak lama setelah Abe memangku jabatan dan berjanji akan melakukan usaha yang tidak henti-hentinya untuk mengembangkan hubungan bersahabat dan bekerjasama antara Cina dan Jepang.

Di Korea Selatan, Presiden Roh Moo-hyun mengatakan ia berharap pemimpin baru Jepang akan menggalakkan kerjasama regional di Asia Timur Laut.

Hubungan Jepang dengan Cina dan Korea Selatan memburuk dalam beberapa tahun ini, terutama karena ziarah berkali-kali mantan Perdana menteri Junichiro Koizumi ke tugu perang yang menghebohkan. Tugu Yasukuni menghormati orang-orang yang gugur dalam perang, termasuk beberapa penjahat perang Perang Dunia Kedua.

Abe juga telah berkali-kali ziarah ke tugu itu, tetapi belum memberi indikasi apakah ia akan terus ziarah sebagai Perdana Menteri.

XS
SM
MD
LG