Tautan-tautan Akses

Bush Pidato Memperingati 5 Tahun Serangan Teroris 11 September


Presiden Bush menghimbau rakyat Amerika agar mengesampingkan perbedaan pandangan mereka dan bekerjasama dalam perang melawan terorisme.

Dalam pidatonya melalui televise ke seluruh Amerika Senin malam pada hari genapnya 5 tahun serangan teroris 11 September, Bush mengatakan perang melawan terorisme tidak akan berakhir sampai rakyat Amerika, kalau tidak kaum ekstrimis, keluar sebagai pemenang.

Presiden menyebut konflik itu “perjuangan ideology abad ke-21.” Ia juga mengatakan “berapa lama-pun waktu diperlukan” Amerika akan menemukan Osama bin Laden.

Bush membela keputusannya menyerbu Irak, dengan mengatakan Saddam Hussein adalah ancaman yang sudah jelas – dan setelah serangan 11 September rejimnya merupakan risiko yang dapat membahayakan dunia.

Bush mengatakan keselamatan Amerika bergantung pada hasil pertempuran di jalan-jalan Baghdad. Presiden juga mengatakan bahwa dengan mendukung para pemimpin demokrasi dan reformis di seluruh Timur Tengah, Amerika Serikat menawarkan satu jalan yang menjauhi radikalisme. Bush mengatakan Amerika Serikat menghadapi jalan yang sulit dan memenangkan perang itu akan mengharuskan “usaha yang kuat negara yang bersatu.”

Presiden juga mengenang hampir 3 ribu anggota militer Amerika yang telah mengorbankan jiwa-raga mereka di Irak, Afghanistan, dan front-front lain dalam perang melawan terorisme.

XS
SM
MD
LG