Tautan-tautan Akses

Laporan Senat AS: Tak Ada Bukti Hubungan Saddam dengan al-Qaida atau al-Zarkawi


Tidak ada bukti bahwa mantan Presiden Irak Saddam Hussein punya hubungan dengan al-Qaida ataupun tokoh teroris Abu Musab al- Zarkawi yang mati terbunuh, kata laporan Senat Amerika. Laporan itu membantah tuduhan yang diajukan oleh Presiden Bush dan Menteri Pertahanan Donald Rumsfeld dalam minggu-minggu belakangan ini.

Laporan senat yang dikeluarkan hari Jumat itu mengutip dokumen rahasia CIA yang membantah adanya hubungan antara Saddam Hussein dengan al-Qaida. Laporan senat itu juga mencerminkan pendapat para pakar diluar pemerintahan yang membantah tuduhan-tuduhan seperti itu sejak lama.

Kelompok partai Demokrat mengatakan, ini adalah bukti bahwa pemerintahan Bush telah berbohong kepada rakyat Amerika tentang alasan melancarkan perang di Irak. Laporan senat itu juga dipusatkan pada pengaruh kelompok warga Irak dalam pengasingan, yang disebut kongres nasional Irak, yang memberikan informasi kepada amerika tentang apa yang disebutnya sebagai senjata-senjata pemusnah massal, yang tadinya dipakai alasan untuk menyerang Irak. Tapi senjata pemusnah massal itu tidak pernah ditemukan.

Sementara, Komite pelindung wartawan yang berkantor di New York mengecam keputusan pemerintah Irak untuk menutup perwakilan jaringan televisi al-Arabiya di Baghdad. Kata pejabat komite, Joel Simon, penutupan kantor jaringan televisi Arab itu melanggar janji pemerintah Irak untuk menghormati kebebasan pers, dan menyerukan kepada perdana menteri Nuri al-Maliki untuk mencabut larangan itu. Tapi pemerintah Irak justru menyebutkan berbagai tuduhan tambahan atas al-Arabiya. Kata jurubicara al-Maliki, liputan al-Arabiya tentang kerusuhan yang dilakukan oleh orang-orang bersenjata di Baghdad bulan Juli telah mempertegang hubungan antar suku.

Stasiun televisi al-Arabiya yang berpusat di Dubai, pernah dilarang sebentar tahun 2003 karena menyiarkan pita rekaman suara Saddam Hussein, dan dua tahun yang lalu, Irak juga menutup kantor perwakilan televisi al-Jazira di Baghdad. Kantor al-Jazira itu masih ditutup sampai sekarang.

XS
SM
MD
LG