Tautan-tautan Akses

PBB Akan Menjadi Mediator Israel-Hizbullah Soal Pembebasan Dua Tentara Israel


Sekjen PBB Kofi Annan mengatakan Israel dan Hizbullah telah sepakat dengan mediasi yang dilakukan PBB untuk menyelesaikan masalah penahanan dua tentara Israel yang telah memicu terjadinya perang. Sewaktu singgah di Arab Saudi Senin ini, Annan berjanji akan mengangkat seorang penengah dalam beberapa hari ini.

Hizbullah menculik dua tentara Israel 12 Juli lalu. Pihaknya ingin menukar kedua tentara ini dengan para tawanan Libanon yang ditahan oleh Israel namun Israel menuntut pembebasan kedua tentara itu tanpa syarat.

Sementara itu, Qatar menjadi negara Arab pertama yang menjanjikan pasukan penjaga perdamaian PBB yang akan ditugaskan di Libanon selatan, untuk memantau gencatan senjata antara Israel dan Hizbullah. Qatar adalah salah satu dari segelintir negara Arab yang mengakui Israel.

Juga hari ini, pesawat Qatari Airways mendarat di Beirut yang disebut oleh media Israel sebagai pelanggaran pertama wilayah udara dan blokade laut Israel. Qatari Airways tidak mengatakan apakah pihaknya meminta ijin kepada Israel untuk mendarat, namun para pejabat Israel mengatakan mereka mengijinkan pesawat itu untuk mendarat.

XS
SM
MD
LG