Tautan-tautan Akses

PBB Mendesak Negara-Negara Segera Menyumbang Pasukan Untuk Libanon Selatan


Tentara Libanon mulai digelar di bagian selatan negeri itu sesuai dengan resolusi PBB mengakhiri pertempuran sebulan antara Israel dan Hizbullah. Truk militer, kendaraan angkut lapis baja dan jeep hari Kamis menyeberangi Sungai Littani dan bergerak ke selatan ke arah perbatasan dengan Israel. Pejabat-pejabat Libanon menerangkan, penggelaran penuh 15 ribu pasukan akan memakan waktu 24 jam.

Militer Israel menyatakan hari Kamis pihaknya telah menyerahkan separuh dari wilayah Libanon selatan yang dikuasainya kepada pasukan PBB UNIFIL yang ada di kawasan itu. UNIFIL yang nanti menyerahkan kekuasaan kepada tentara Libanon. Yang masih menjadi isu, bagaimana Hizbullah melucuti diri dan negara mana saja yang akan menyumbang ke dalam pasukan internasional pemelihara perdamaian untuk Libanon selatan. Presiden Prancis Jacques Chiraq mengatakan hari Kamis negaranya segera mengirim 200 pasukan untuk memperkuat kontingen UNIFIL yang sudah ada. Tidak jelas apakah Prancis akan menyumbang lebih banyak pasukan lagi.

Sementara, Deputi Sekretaris Jenderal PBB Mark Malloch Brown telah mendesak pemerintah-pemerintah untuk dengan cepat menyiapkan pasukan bagi pasukan baru pemelihara perdamaian di Libanon selatan. Ia memperingatkan penundaan pengiriman pasukan itu dapat mengancam gencatan senjata antara Israel dan Hizbullah. Para pejabat, katanya, harus mewujudkan janji menjadi komitmen dan komitmen menjadi penempatan cepat pasukan itu. Malloch memberi keterangan ini hari Kamis selesai pertemuan yang dihadiri oleh para pejabat puluhan negara yang diharapkan ikut dalam pasukan perdamaian itu.

Para pejabat berharap Prancis menyumbang kontingen besar pasukan. Namun Presiden Prancis Jacques Chiraq mengatakan negaranya segera mengirim hanya 200 pasukan untuk membantu pasukan UNIFILyang sudah ada di kawasan Libanon selatan. Tidak diketahui apakah Prancis masih akan menambah pasukan itu. Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan negaranya tidak akan menyumbang pasukan tetapi mungkin memberi dukungan laut.

XS
SM
MD
LG