Tautan-tautan Akses

WHO: Ada Penularan Flu Burung Dari Manusia ke Manusia di Indonesia


Organisasi Kesehatan Sedunia, WHO memperkirakan ada penularan flu burung dari manusia ke manusia dalam lingkungan satu keluarga Indonesia, tetapi virus itu tidak menular ke luar lingkungan keluarga itu.

Seorang jurubicara WHO mengungkapkan temuan itu di Jakarta, dimana konferensi membahas flu burung diselenggarakan pekan ini. Tetapi kata jurubicara itu, virus itu musnah bersama korban terakhir dari delapan anggota keluarga yang terjangkit. Tujuh orang dalam keluarga itu meninggal oleh virus maut itu.

Para pejabat WHO juga mengukuhkan bahwa virus itu berubah sedikit sewaktu merebak dalam keluarga Indonesia itu bulan lalu, di Sumara Utara. Namun kata mereka virus-virus itu tidak ber-mutasi menjadi bentuk yang dapat menular dengan mudah.

Lebih dari 120 orang, sebagian besar di Asia, telah tewas oleh flu burung sejak akhir tahun 2003. Para pakar memperkirakan virus H5N1 itu bisa merupakan ancaman terbesar pandemi di seluruh dunia jika memperoleh kemampuan menular dengan mudah dari manusia ke manusia.

XS
SM
MD
LG