Tautan-tautan Akses

Charles Taylor Tiba di Belanda Untuk Sidang Perkara Kejahatan Perang


Mantan Presiden Liberia Charles Taylor sudah tiba di Belanda untuk disidangkan atas tuduhan kejahatan perang. Taylor diantarkan dengan mobil ke penjara yang dijaga ketat di luar Den Haag hari Selasa setelah diterbangkan ke Belanda dari Sierra Leone.

Mahkamah internasional yang berbasis di Sierra Leone telah mendakwa Taylor dengan 11 macam kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan, atas sinyalemen dukungannya bagi pemberontak yang memperkosa, membuntungkan dan membunuh orang sipil semasa perang saudara Sierra Leone. Taylor sudah menyatakan ia tidak bersalah.

Seorang jurubicara untuk pengadilan khusus itu memberitahu VOA bahwa banyak orang di Sierra Leone ingin melihat Taylor diadili di negaranya. Para pemimpin Afrika, termasuk preseien-Liberia yang baru terpilih Ellen Johnson Sirleaf, telah menyuarakan keprihatinan bahwa kehadiran Taylor di Freetown bisa mengancam keamanan regional. Pengadilan yang berbasis di Sierra Leone itu akan melangsungkan sidang perkara Taylor di ruangan-ruangan Mahkamah Penjahat Internasional itu.

XS
SM
MD
LG