Tautan-tautan Akses

Operasi Keamanan Ketat Dilakukan di Irak Karena Kunjungan Mendadak Bush


Para pejabat Irak melancarkan tindakan pengamanan besar-besaran hari ini, dalam usaha membendung tindak kekerasan antar aliran agama dan serangan pemberontak yang terus terjadi. Operasi keamanan, yang mulai hanya beberapa jam setelah kunjungan mendadak Presiden Bush ke ibukota Irak itu, mengerahkan puluhan ribu tentara Irak dan Amerika, dengan dukungan tank dan panser, ke seluruh kota itu.

Tujuannya adalah untuk mewujutkan keadaan yang lebih aman bagi 7 juta orang penduduk Baghdad, sebagian besar dari mereka menyaksikan hampir setiap hari pertumpahan darah dan penghancuran. Perdana Menteri Irak Nouri al-Maliki mengatakan pos-pos pemeriksaan akan ditambah, larangan keluar rumah diperpanjang dan larangan terhadap lalu-lintas kendaraan selama jam-jam sembahyang Jumat – saat yang sering digunakan pemberontak untuk melancarkan serangan.

Pihak berwajib Irak prihatin akan kemungkinan peningkatan kegiatan teroris al-Qaida di Irak, setelah terbunuhnya pemimpin mereka Abu Musab al-Zarqawi pekan lalu. Pengganti Zarqawi, Abu Hamza al-Muhajer, telah bertekad untuk melancarkan serangan pembalasan, dan ia mengancam bahwa tidak ada yang dapat berlindung di dalam Zona Hijau yang mempunyai pertahanan kuat di Baghdad itu

XS
SM
MD
LG