Tautan-tautan Akses

Ahmadinejad: Iran Tak Mau Ditekan Hentikan Kegiatan Nuklir Bagi Maksud Damai


Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad mengatakan, Iran tidak akan mau ditekan untuk menghentikan apa yang dianggapnya sebagai hak Iran yang sah untuk menggunakan teknologi nuklir bagi maksud-maksud damai.

Di Moskow, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, masih terlalu dini untuk membahas sanksi-sanksi yang mungkin akan diambil terhadap Iran. Tapi Condoleezza Rice, Menteri LN Amerika berharap Iran akan mempertimbangkan dengan serius paket insentif baru yang ditawarkan enam negara barat dan Cina, supaya Iran mau menghentikan semua kegiatan nuklirnya.

Kemarin, ke-5 anggota tetap dewan keamanan ditambah Jerman sepakat di Wina akan menawarkan bantuan keuangan dan teknis, tapi juga mengancam Iran dengan sanksi-sanksi kalau menolak tawaran itu. Kata Condoleezza Rice kepada pers Amerika, dia berharap Iran akan memberikan tanggapan yang cepat.

Sebelum perundingan hari Kamis di Wina itu, Amerika menawarkan akan bergabung dengan Uni Eropa untuk berunding dengan Iran, tapi menteri LN Iran Manuker Mottaki menolak adanya persyaratan apapun untuk hadir dalam pertemuan seperti itu.

XS
SM
MD
LG