Tautan-tautan Akses

AS Menggarap Rancangan Resolusi DK PBB Tentang Birma


Amerika menyatakan sedang menggarap rancangan resolusi tentang Birma untuk disodorkan kepada Dewan Keamanan PBB dalam beberapa pekan ke depan. Juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika, Tom Casey mengatakan kepada wartawan hari Kamis rancangan itu menggaris bawahi keprihatinan masyarakat internasional atas berlanjutnya penahanan terhadap aktivis demokrasi Aung San Suu Kyi serta tahanan politik lain.

Ia menambahkan, rancangan juga menyatakan pemerintah Birma perlu meyakinkan orang akan tujuannya melakukan proses politik yang demokratis dan menyeluruh. Seterusnya Casey mengatakan pemerintah Birma telah mengambil beberapa keputusan di bidang ekonomi yang membuat situasi bertambah sulit bagi orang di negeri itu.

Sementara itu – kelompok advokasi kemanusiaan Refugees International yang berkedudukan di Amerika menyatakan rakyat Birma amat membutuhkan bantuan kemanusiaan dan tidak dapat menunggu sampai terjadi perubahan pemerintahan untuk mendapatkannya. Sanksi yang diberlakukan Amerika terhadap Birma membuat bantuan yang dapat diberikan Amerika kepada negara itu menjadi terbatas.

XS
SM
MD
LG