Tautan-tautan Akses

Mantan Tokoh Pemberontak Komunis di Filipina Dibunuh Kawanan Bersenjata


Kepolisian Filipina mengatakan, orang-orang bersenjata telah membunuh seorang mantan tokoh pemberontak komunis yang oleh pemerintah dituduh merencanakan kudeta terhadap Presiden Gloria Arroyo.

Menurut para pejabat, beberapa pria yang mengendarai sepeda motor menembak tewas Sotero Llamas dalam mobilnya hari ini, Senin di kota Tabaco, Filipina Tengah. Sopir Llamas luka-luka dalam serangan itu.

Polisi mengatakan mereka sedang menyelidiki siapa yng berada di belakang penembakan Llamas, yang berusia pertengahan 50-an. Sebelumnya dia telah menerima ancaman hendak dibunuh.

Llamas adalah mantan komandan Tentara Rakyat Baru komunis di wilayah Bicol, Filipina Tenggara. Dia ditangkap pasukan pemerintah tahun 1995, tetapi kemudian dibebaskan sebagai bagian dari proses perdamaian dengan pemberontak komunis. Perundingan perdamaian antara kedua pihak macet tahun 2004.

Sebelumnya tahun ini, kejaksaan Filipina mendakwa Llamas dan para aktivis sayap-kiri lainnya terlibat dalam upaya kudeta yang gagal terhadap Nyonya Arroyo bulan Februari.

XS
SM
MD
LG