Tautan-tautan Akses

Pakistan Kecam Komentar Pejabat AS Mengenai Taleban, Al Qaida


Pakistan mengecam ucapan seorang pejabat kontra-terorisme Departemen Luar Negri Amerika yang mengatakan Pakistan belum cukup berbuat untuk menyingkirkan anggota-anggota Taleban dan al Qaida dari buminya. Henry Crumpton, hari Sabtu di Kabul setelah melakukan pembicaraan di Pakistan, memuji Pakistan yang telah menangkap ratusan anggota al Qaida tetapi menambahkan bahwa pemimpin-pemimpin militan menemukan tempat aman di daerah kesukuan semi-otonom yang tidak berlaku hukum, yang berbatasan dengan Afghanistan.

Jurubicara militer dan pemerintah Pakistan, Mayor Jendral Shaukat Sultan, menyebut pernyataan Crumpton itu tidak bertanggung-jawab, mengatakan ia tidak menyatakan kecaman yang sama dalam pembicaraannya dengan pejabat-pejabat Pakistan.

Pakistan, sekutu kunci Amerika dalam perang melawan terorisme, telah mengerahkan sekitar 80-ribu pasukan ke daerah-daerah kesukuannya untuk mencabut kaum militan asing dan sekutu-sekutu lokal mereka. Pejabat-pejabat Pakistan mengatakan lebih dari 300 militan, termasuk hampir 80 militan asing telah terbunuh di daerah itu sejak bulan Juli tahun lalu.

XS
SM
MD
LG