Tautan-tautan Akses

Presiden Ahmadinejad Kutuk Pengecam Program Nuklir Iran


Mahmud Ahmadinejad, Presiden Iran, telah mengutuk para pengecam program nuklir Iran, dan menegaskan lagi bahwa kegiatan nuklirnya hanya ditujukan untuk maksud-maksud damai. Ahmadinejad mengatakan dimuka sidang kerjasama ekonomi di baku, bahwa Iran akan terus membuat bahan bakar nuklir guna dipakai dalam pusat-pusat pembangkit listrik nuklir yang akan dibangun.

Katanya, Iran bersedia menempatkan program nuklirnya dibawah pengawasan badan tenaga atom internasional, IAEA. Ahmadinejad menyebut kekuatan-kekuatan besar dunia yang mencoba menghentikan kegiatan nuklirnya sebagai tukang-tukang pukul yang hanya ingin campur tangan dalam urusan dalam negeri orang lain.

Kemarin, Presiden Bush menuduh Iran telah menantang dunia karena ingin membuat senjata nuklir. Ke-5 negara anggota tetap Dewan Keamanan PBB bersidang untuk hari kedua, untuk menyusun rancangan resolusi yang akan minta supaya Iran menghentikan proses pengayaan uraniumnya. Tapi dua anggota tetap DK, Cina dan Rusia mengancam akan menggunakan hak veto terhadap tiap resolusi yang menyerukan diambilnya sanksi ataupun ancaman militer terhadap Iran.

XS
SM
MD
LG