Tautan-tautan Akses

Empat Tewas Dalam Demonstrasi Rusuh Tentara Yang Dipecat di Dili


Polisi di Timor Timur mengatakan, paling sedikit empat orang tewas dan lainnya luka-luka sewaktu terjadi demonstrasi Jumat kemarin di ibukota Dili, setelah pemerintah memecat hampir 600 tentara. Pihak berwenang mengatakan, jumlah tersebut meningkat hari ini.

Ratusan demonstran, termasuk sejumlah besar mantan tentara, membakar paling sedikit lima mobil dan merusak sejumlah bangunan dalam demonstrasi Jumat kemarin. Masih belum diketahui apakah polisi atau demonstran yang tewas dalam demo itu. Hampir 600 tentara, sekitar sepertiga kekuatan angkatan bersenjata Timor Timur, dipecat bulan lalu setelah mengeluh akan kondisi kerja yang tidak adil.

Para tentara ini mengatakan, mereka dipecat secara tidak adil setelah menuduh para komandan mereka pilih kasih dan menciptakan kondisi kerja yang buruk. Para tentara ini mengancam akan melancarkan perang gerilya jika pemerintah tidak menyelesaikan pertikaian ini dengan para pemimpin militer. Sebagian besar tentara yang dipecat berasal dari wilayah Barat, dan mereka mengatakan tentara yang berasal dari wilayah timur diperlakukan dengan lebih baik.

XS
SM
MD
LG