Tautan-tautan Akses

Tiga Bom Meledak di Thailand Beberapa Saat Setelah Pemilu Usai


Polisi Thailand mengatakan tiga bom telah meledak di wilayah selatan negeri itu yang bergejolak, melukai sedikitnya lima orang beberapa saat setelah tempat-tempat pemungutan suara dalam pemilu hari Minggu ini ditutup.

Pihak berwenang mengatakan empat tentara dan setidaknya satu orang anggota polisi mengalami luka-luka dalam tiga ledakan di tiga TPS di provinsi Narathiwat. Di luar kejadian itu pemungutan suara berjalan aman dalam pemilu yang dipercepat tiga tahun lebih awal atas permintaan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra.

Pemungutan suara itu dianggap sebagai referendum bagi mereka yang mengkritik pemerintah yang dituduh korup dan menyalahgunakan kekuasaan. Partai PM Thaksin, Partai THAI RAK THAI diperkirakan akan menang mudah. Perdana Menteri itu mengatakan setelah pemilu dia akan mempertimbangkan keluhan-keluhan para pengritiknya.

Pihak oposisi memboikot pemilu dan mengatakan protes-protes akan terus dilanjutkan sampai Thaksin mengundurkan diri. Para analis politik mengatakan kebuntuan tampaknya akan terus terjadi sebab boikot itu dapat mencegah pengisian kursi-kursi di parlemen.

XS
SM
MD
LG