Tautan-tautan Akses

Presiden Abbas Lantik Kabinet Palestina Yang Didominasi Hamas


Presiden Otoritas Palestina Mahmud Abbas telah melantik kabinet beranggota 24 orang yang didominasi kelompok militan Hamas yang anti-Israel. Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh merupakan yang pertama dilantik sebagai perdana menteri hari Rabu di Kota Gaza, yang dengan Al Qur’an mengucapkan sumpah setia kepada tanahair, tempat-tempat suci dan rakyat Palestina.

Israel telah melarang Hamas bepergian antara Gaza dan Tepi Barat, yang memaksa anggota parlemen Hamas di Ramallah dilantik melalui hubungan video. Baik Amerika Serikat maupun Israel menganggap Hamas sebagai organisasi teroris.

Sebelumnya hari ini, Konsulat Amerika memerintahkan para diplomat dan kontraktor untuk tidak lagi menjalin hubungan dengan kementerian Hamas yang berada di bawah kendali Hamas. Sebuah pernyataan Amerika menyebut kontak dengan Presiden Abbas dan anggota parlemen non-Hamas akan berlanjut.

Kanada juga membekukan semua hubungan dan bantuan ekonomi. Tetapi sebuah pernyataan pemerintah menyebutkan, Kanada akan terus membantu kebutuhan kemanusiaan rakyat Palestina.

XS
SM
MD
LG