Tautan-tautan Akses

Komisi Senat AS Mulai Bahas Kasus Imigrasi Illegal


Para anggota komisi senat Amerika membahas masalah imigrasi illegal hari ini saat para demonstran berkumpul di kota-kota besar di Amerika untuk mendukung hak-hak imigran.

Berbagai organisasi hak imigrasi mengadakan acara doa bersama dan demonstrasi di Washington. Ratusan mahasiswa California meninggalkan ruang kuliah mereka di Los Angeles, sementara ratusan ribu orang melancarkan protes di kota Detroit Michigan.

Sebuah komisi hukum senat mempertimbangkan beberapa usulan reformasi imigrasi. Salah satu rancangan undang-undang itu yang disponsori oleh senator John McCain dan Edward Kennedy, akan memberikan jalan penyelesaian bagi 11 juta imigran gelap yang kini tinggal di Amerika, agar bisa menjadi penduduk yang legal atau warga negara Amerika.

Ketua komisi Arlen Specter kemungkinan akan mengusulkan rancangan undang-undang itu yang mencakup rencana program pekerja tamu. RUU yang disetujui kongres yang didominasi partai Republik itu bulan desember lalu akan memungkinan dibangunnya pagar sepanjang sepertiga perbatasan Amerika dan Meksiko, membuat mereka yang tinggal di Amerika secara tidak sah sebagai tindak kriminal, dan menjatuhkan denda yang berat terhadap perusahaan-perusahaan yang mempekerjakan pegawai yang illegal.

XS
SM
MD
LG