Tautan-tautan Akses

Partai Oposisi Pro-Rusia Sementara Unggul Dalam Pemilu Ukraina


Hasil sementara pemilu parlemen Ukraina menunjukkan pemimpin partai oposisi pro-Rusia Viktor Yanukovych memimpin perolehan suara. Dengan lebih dari 50 persen suara yang dihitung, Partai Wilayah yang dipimpinnya memenangkan lebih dari 27 persen suara.

Blok liberal yang dipimpin mantan perdana menteri Yulia Timoshenko mengumpulkan 23 persen, dan partai Presiden Viktor Yuschenko meraih 16 persen. Yanukovich mencoba untuk membentuk koalisi. Namun Presiden Yuschenko memerintahkan para penasehatnya untuk membentuk aliansi dengan para pendukung Timoshenko. Para pejabat juga mengumumkan rencana Presiden untuk bertemu dengan para pemimpin seluruh partai selasa ini yang masuk dalam parlemen.

Ketua tim observasi organisasi keamanan dan kerjasama di Eropa untuk Ukraina anggota Kongres Alcee Hastings menyebut pemilu ini bebas dan adil. Di Washington, jurubicara gedung Putih Scott Mclellan memuji pemilu ini dan mengatakan, Amerika ingin sekali bekerjasama dengan pemerintahan baru yang terbentuk nanti.

XS
SM
MD
LG