Tautan-tautan Akses

Slobodan Milosesevic Dimakamkan di Kota Pozarevac, Serbia


Mantan Presiden Yugoslavia Slobodan Milosesevic telah dikebumikan di tempat kediaman keluarganya di kota Pozarevac, Serbia. Ribuan pendukungnya berjajar hari ini di jalan-jalan kota itu di timur Ibukota, Beograd, sementara mobil yang membawa jenazah Milosevic yang dituduh sebagai penjahat perang itu lewat pelan-pelan.

Sebelumnya, para pejabat Partai Sosialis Milosevic mengatakan, paling sedikit 50.000 pendukungnya berkumpul di Lapangan Kota Beograd untuk memberikan penghormatan kepada mantan pemimpin itu, yang meninggal dunia pekan lalu dalam tahanan di Mahkamah Kejahatan Perang PBB di Den Haag.

Para pejabat mengatakan ia meninggal karena serangan jantung. Para pejabat Partai Sosialis dalam upacara pemakaman menyebut Milosevic sebagai pahlawan, dan para pendukungnya meneriakkan namanya, Slobo !, Slobo! , ketika peti jenazah disemayamkan di lapangan itu.

Presiden Serbia Boris Tadic mengesampingkan upacara pemakaman kenegaraan atau upacara resmi apapun untuk Melosevic, yang diadili atas dakwaan melakukan kejahatan perang dan pembantaian massal dalam konflik Balkan tahun 1990-an.

XS
SM
MD
LG