Tautan-tautan Akses

Presiden Irak Desak PM Ibrahim al Jaafari Letakkan Jabatan


Presiden Irak Jalal Talabani telah mendesak Perdana Menteri Ibrahim al Jaafari agar meletakkan jabatan, dengan mengatakan pengunduran dirinya dapat membantu persatuan nasional. Presiden Talabani mengatakan hari Sabtu bahwa masa jabatan kedua Perdana Menteri Ibrahim al Jaafari bisa menjadi rintangan bagi negara itu.

Perdana Menteri Ibrahim al Jaafari telah dikecam karena tidak membendung tindak kekerasan yang dipicu oleh pengeboman sebuah masjid Shi’ah tanggal 22 Februari lalu, yang menimbulkan tindak kekerasan selama berhari-hari.

Panglima Komando Militer Sentral Amerika Serikat, Jenderal John Abizaid, mengatakan hari Sabtu, bahwa sebuah pemerintah persatuan nasional diperlukan untuk mempersatukan negara itu. Jenderal John Abizaid telah bertemu dengan Presiden Talabani dan Perdana Menteri Ibrahim al Jafaari pekan ini.

Usaha-usaha untuk membentuk pemerintahan yang didukung luas telah terhalang oleh tindak kekerasan sektarian. Para pejabat Irak mengatakan, paling sedikit 9 orang meninggal hari Sabtu, termasuk 7 orang tewas dalam ledakan di sebuah terminal bis di pinggiran kota Baghdad.

XS
SM
MD
LG