Tautan-tautan Akses

Protes Kartun Nabi Muhammad Terus Berlanjut di Asia



Kartun di surat kabar-surat kabar Eropa yang menggambarkan Nabi Muhammad sebagai teroris, terus mengundang kemarahan warga Muslim.

Sekitar 5.000 warga Muslim Pakistan di kota Peshawar membakar boneka tiruan Perdana Menteri Denmark, Anders Fogh Rasmussen, dan sang kartunis kontroversial surat kabar Denmark.

Di negara tetangga Pakistan, Afghanistan, demonstrasi kartun Nabi Muhammad kembali memakan korban jiwa. Setelah beberapa warga tewas kemarin dalam serangan demonstran ke markas militer Amerika Serikat di Bagram, hari ini empat warga dilaporkan tewas dalam bentrokan antara demonstran dengan pasukan penjaga perdamaian Organisasi Pakta Atlantik Utara (NATO).

Protes juga berlangsung di depan perwakilan Denmark di Kabul. Polisi menggunakan pentungan untuk mengendalikan massa yang melempar batu ke arah kantor Misi Diplomatik Denmark.

Di Iran, demonstran melempar bom api ke arah Kedutaan Besar Denmark di Teheran hari Selasa ini, untuk kedua hari berturut-turut.

Pemimpin setempat, Ayatullah Ali Khamenei menyebut kontroversi kartun Nabi Muhammad sebagai "konspirasi kaum zionis." Khamenei mengatakan, Eropa sengaja menerbitkan kartun tersebut untuk memicu perseteruan antara kaum Muslim dan warga Kristen.

XS
SM
MD
LG