Tautan-tautan Akses

Korsel Sambut Baik Pernyataan Korut Soal Penyelesaian Damai Isu Nuklir


Korea selatan menyambut baik pernyataan Korea utara mengenai penyelesaian damai isu nuklir di semenanjung Korea. Menlu Korea selatan Ban Ki moon berbicara kepada wartawan hari ini setelah bertemu dengan sekjen PBB Kofi Annan di markas besar PBB.

Ia mengatakan, sangat menggembirakan bahwa pemimpin Korea utara Kim Jong il telah menegaskan kembali komitmennya untuk membebaskan semenanjung Korea dari senjata nuklir dan bersedia melalukan perundingan enam negara. Rabu pagi, kantor berita resmi korea utara membenarkan kunjungan Kim belum lama ini ke Cina, dan melakukan pembicaraan dengan Presiden Cina Hu Jintao mengenai program nuklir Pyongyang.

Laporan tersebut menyebutkan, Kim mengatakan kepada Hu bahwa Korea utara berjanji akan menyelesaikan isu nuklir ini secara damai, dan tidak akan mengubah sikapnya atas pembebasan semenanjung korea dari senjata nuklir.

Pyongyang terus menuntut agar Amerika lebih dulu mencabut sanksi ekonominya terhadap Korea utara sebagai prasyarat untuk kembali ke perundingan yang macet. Lima negara lain yang terlibat dalam perundingan enam negara ini adalah Amerika, Jepang, Korea selatan, Rusia dan Cina.

XS
SM
MD
LG