Tautan-tautan Akses

WHO Mendesak Pemerintah Asia Mempercepat Pelaksanaan Tes bagi Flu Burung


Organisasi Kesehatan Sedunia (WHO) mendesak pemerintah-pemerintah Asia untuk mempercepat pelaksanaan tes bagi flu burung, untuk membantu mengenali tanda-tanda awal terjadinya pandemi. Direktur regional WHO bagi wilayah Pasifik Bagian Barat Shigeru Omi mengatakan masyarakat internasional harus secepatnya menanggapi terjadinya pandemi dengan semua senjata yang tersedia.

Dia berbicara hari ini pada permulaan konferensi dua hari di Tokyo, yang dihadiri pejabat-pejabat dari lebih dari 20 negara dan organisasi-organisasi kesehatan. Seorang konsultan WHO mengatakan kepada hadirin bahwa pihak berwenang lokal harus lebih cepat melaporkan berjangkitnya flu burung kepada WHO. Sementara itu, Indonesia mengatakan hasil tes lokal menunjukkan seorang perempuan berusia 29 tahun meninggal dunia akibat flu burung hari Rabu di sebuah rumah sakit di Jakarta.

Pejabat-pejabat mengatakan dia telah menyentuh ayam-ayam mati. Laboratorium WHO di Hong Kong sedang menganalisis sampel-sampel dari perempuan itu dan seorang pria Indonesia berusia 39 tahun yang juga meninggal bulan ini diduga akibat flu burung. Jika kedua hasil tes itu dikukuhkan, maka angka kematian akibat flu burung di Indonesia akan meningkat menjadi 13.

XS
SM
MD
LG