Tautan-tautan Akses

Menlu Rice Tandatangani Perjanjian Pembangunan Pangkalan Militer AS di Romania


Menteri Luar Negeri Amerika Condoleezza Rice telah menanda-tangani sebuah perjanjian dengan Romania untuk membuka pangkalan militer pertama Amerika Serikat di satu negara bekas anggota Pakta Warwasa. Menteri Rice mengatakan, perjanjian itu akan membantu dalam perang melawan teroris dan memuji Romania sebagai satu sekutu kuat Amerika.

Pasukan Amerika telah menggunakan pangkalan udara Mihail Kogalniceanu Romania untuk operasi di Afghanistan. Organisasi HAM, Human Rights Watch mengatakan pangkalan itu menjadi tempat tahanan rahasia CIA yang digunakan untuk memeriksa tersangka teroris.

Jaringan televisi Amerika, ABC, melaporkan bahwa CIA telah menutup penjara itu dan yang lain di Polandia bulan lalu, setelah laporan organisasi HAM, Human Rights Watch disiarkan. Romania dan Polandia membantah tuduhan adanya penjara di kedua negara itu.

Menteri Rice hingga kini tidak mengukuhkan dan tidak pula membantah keberadaan tahanan itu. Tetapi Menteri Rice telah membela tindakan Amerika menerbangkan para tersangka teroris ke negara-negara lain untuk diperiksa dan menekankan bahwa penyiksaan dilarang. Menteri Luar Negeri Rice sekarang di Ukraina untuk mengadakan pembicaraan dengan Presiden Ukraina Viktor Yushchenko.

XS
SM
MD
LG