Tautan-tautan Akses

77 Tewas Dalam Dua Bom Bunuhdiri di Masjid Syiah di Irak


Irak mengatakan sedikitnya 77 orang tewas dalam dua serangan bunuh diri yang terjadi ketika berlangsung sembahyang Jumat di dua mesjid syiah dekat perbatasan Iran. 75 orang lainnya luka-luka dalam ledakan yang menghancurkan kedua mesjid itu di kota khanakin, 140 km sebelah Timur laut Baghdad.

Enam orang tewas dan 40 lainnya luka-luka ketika dua buah truk yang membawa bom meledak dekat sebuah hotel dan sebuah penjara rahasia Irak yang baru ditemukan.

Sementara itu, serangan bom bunuh diri di sebuah hotel di Amman, Jordania minggu lalu tidak ditujukan atas sebuah pesta perkawinan orang islam, kata Abu Musab al-Zarkawi, pemimpin kelompok al-Qaida di Irak. Ini dikatakan oleh Zarkawi dalam sebuah rekaman suara yang dipasang dalam jaringan internet hari Jumat.

Kata Zarkawi, kelompoknya punya informasi bahwa hotel itu sedang digunakan oleh para pejabat intellijen amerika dan Israel. Zarkawi juga memperingatkan warga jordania supaya menjauhi hotel-hotel mewah serta kedutaan asing negara yang ikut dalam perang di Irak. Zarkawi juga mengancam akan memotong kepala raja Abdullah. Ribuan orang berdemonstrasi di Amman hari Jumat mengutuk serangan bom tanggal sembilan November itu.

XS
SM
MD
LG