Tautan-tautan Akses

Bush Tiba di Korea Selatan untuk Mengikuti KTT Forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik


Presiden Bush telah tiba di Korea Selatan untuk mengikuti KTT Forum Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik atau APEC.

Bush akan bertemu dengan Presiden Korea Selatan Roh Moo-Hyun pada hari Kamis di kota Gyongju sebelum kedua pemimpin itu berangkat menuju Busan untuk mengikuti KTT tahunan para pemimpin APEC yang dimulai Jumat ini..

KTT APEC diharapkan akan mendorong para anggota Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO untuk memecahkan kebuntuan mengenai subsidi-subsidi pertanian, Topik-topik yang akan dibahas termasuk hak properti intelektual, flu vurung, dan terorisme.

Bush tiba di Korea Selatan dari Kyoto, Jepang. Dalam pidatonya di Jepang, Presiden Bush mengatakan bahwa Cina seharusnya memberi kebebasan politik yang lebih besar bagi warganya dan menunjuk pada saingannya, Taiwan, sebagai contoh masyarakat demokrasi yang berhasil.

Menteri Luar Negeri Cina Li Zhaoxing tidak mengindahkan komentar Bush. Pada pertemuan tingkat menteri dalam Forum APEC, Menteri Li mengatakan kepada para wartawan bahwa Cina dan Taiwan seharunya tidak dibicarakan sebagai dua entitas terpisah.

Bush mengatakan Washington tetap mendukung gagasan bahwa Beijing dan Taipei adalah bagian dari satu Cina, dan mendesak kedua pihak agar menyelesaikan perselisihan mereka dengan damai.

XS
SM
MD
LG