Tautan-tautan Akses

Presiden Bush Lakukan Pembicaraan Dengan Presiden Lula di Brazil


Presiden Bush hari ini akan melakukan pembicaraan di Brazil, sehari setelah penutupan KTT negara-negara benua Amerika di Argentina. Bush tiba di Brasilia hari Sabtu dari KTT dua-hari di Mar del Plata, dimana para delegasi mengumumkan mereka telah gagal mencapai konsensus untuk membentuk zona perdagangan bebas regional.

Presiden Bush meninggalkan kota itu sebelum pengumuman tersebut dan perundingan panas selama beberapa jam setelah penutupan resmi KTT 34 negara itu. Brazil, Argentina, Paraguay, Uruguay dan Venezuela menolak dilanjutkannya rencana zona perdagangan bebas itu, sementara negara-negara lainnya siap melanjutkan perundingan. Selain Venezuela, pihak yang menolak lebih menyukai blok perdagangan regional lain.

Presiden Bush – yang dalam lawatan lima hari ke Amerika Latin – akan bertemu hari ini dengan Presiden Brazil Luiz Inacio Lula da Silva dan para pemuka bisnis. Sekitar seribu demonstran melakukan unjuk-rasa anti Amerika hari Sabtu di Sao Paulo. Unjuk rasa itu menyusul demonstrasi rusuh di jalan-jalan Mar del Plata dimana ribuan demonstran anti-Amerika menentang zona perdagangan itu dan Perang Irak.

XS
SM
MD
LG