Tautan-tautan Akses

Karzai Anjurkan Pengurangan Aktivitas Militer di Afghanistan


Presiden Afghanistan Hamid Karzai mengatakan tentara asing sebaiknya mengurangi aktivitas militer mereka di Afghanistan, dengan menambahkan ancaman teroris yang serius sudah tidak ada lagi di negaranya.

Presiden Karzai berkata demikian kepada para wartawan hari Selasa, dua hari setelah pemilu parlementer yang bersejarah di negaranya. Ia mengatakan sifat perang melawan terorisme sudah berubah setelah negaranya mempunyai lembaga-lembaga demokratis.

Presiden Karzai mengatakan serangan udara tidak lagi efektif dan bahwa pemerintah-pemerintah asing sebaiknya terkonstrasi pada tempat dimana teroris mendapat pelatihan dan dukungan mereka. Ia juga mengatakan penggeledahan rumah oleh tentara asing tanpa izin pemerintahnya sebaiknya dihentikan.

Juga pada hari Selasa, serangan-serangan di dua provinsi selatan yang dikatakan dilakukan oleh pemberontak Taliban telah menewaskan tiga anggota polisi dan empat militan, sementara empat polisi luka berat. Tindak kekerasan itu terjadi beberapa jam setelah seorang panglima militer Amerika di Afghanistan mengatakan ia memperkirakan pertempuran akan meningkat dalam beberapa bulan ini antara pasukan pimpinan Amerika dan militan Taliban serta al-Qaida.

XS
SM
MD
LG