Tautan-tautan Akses

Israel Akan Bangun Kawasan Keamanan di Sepanjang Perbatasan Gaza


Israel akan membangun kawasan keamanan di sepanjang perbatasan dengan jalur Gaza, guna mencegah kemungkinan serangan Palestina. Kata jurubicara kementerian pertahanan, kawasan keamanan itu akan berupa ‘daerah tidak bertuan’, yang tidak boleh dimasuki oleh orang Palestina.

Israel minggu ini menarik pasukannya yang terakhir dari jalur Gaza setelah pendudukan selama 38 tahun. Sementara itu, ribuan orang Palestina hari Jumat masuk ke Mesir dari jalur Gaza, dan ratusan milisi bersenjata Hamas masuk ke sebuah permukiman yahudi yang telah dikosongkan di Gaza.

Sementara itu raja Jordania Abdullah minta pada Israel supaya penarikan dari jalur Gaza dan bagian-bagian Tepi Barat diikuti dengan penarikan Israel dari bagian Tepi Barat lainnya. Ini dikatakan oleh Raja Abdullah kepada PM Israel Ariel Sharon dalam pertemuan terpisah ketika sedang berlangsung konperensi puncak sedunia di markas PBB. Tapi Sharon menjawab bahwa prioritas bagi Israel adalah menjamin keamanan negara itu dari kemungkinan serangan teroris.

XS
SM
MD
LG