Tautan-tautan Akses

Warga Palestina Masuki Permukiman Gaza Yang Ditinggalkan Israel


Pasukan Israel meninggalkan wilayah pendudukan di Jalur Gaza, dan sementara mereka pergi, warga Palestina masuk ke permukiman-permukiman Yahudi yang ditinggalkan. Bendera Palestina berkibar di permukiman terbesar, Neve Dekalim.

Pihak berwenang Israel mengatakan, penarikan akan selesai dini hari Senin waktu setempat. Tentara Israel mengakhiri pendudukan di Gaza yang telah berlangsung 38 tahun, meninggalkan 19 sinagog. Israel pernah mengatakan, akan menghancurkan sinagog-sinagog itu sebelum menyerahkan permukiman-permukiman kepada Palestina, tetapi hari Minggu, kabinet Israel memutuskan untuk meninggalkan tempat-tempat ibadah itu dalam keadaan utuh. Kaum konservatif Yahudi mengatakan, menghancurkan sinagog bertentangan dengan ketentuan agama Yahudi.

Putusan itu membuat Palestina memboikot upacara serah terima. Penguasa Palestina khawatir akan dikecam masyarakat internasional kalau menghancurkan sinagog-sinagog itu. Israel merebut Jalur Gaza dalam perang tahun 1967, dan sekarang meninggalkannya untuk mendorong proses perdamaian Timur Tengah.

XS
SM
MD
LG