Tautan-tautan Akses

Kepala FEMA Dilepas Dari Jabatan Koordinator Bantuan Korban Topan Katrina


Kepala badan bantuan darurat federal Amerika Michael Brown telah dilepas dari jabatannya sebagai koordinator bantuan bagi korban topan Katrina di Teluk Meksiko. Kata menteri keamanan dalam negeri Michael Chertoff hari Jumat, Laksamana muda Thad Allen dari pasukan penjaga pantai Amerika telah ditunjuk untuk mengatur operasi bantuan federal di kawasan itu. Allen tadinya hanya mengawasi usaha bantuan dan penyelamatan di kota New Orleans.

Kata Chertoff, Michael Brown akan kembali ke Washington untuk mengurus bantuan darurat federal tingkat nasional. Tapi beberapa senator partai Demokrat mengatakan, kalau Brown masih bertugas sebagai kepala badan bantuan darurat, itu hanya akan membahayakan usaha bantuan selanjutnya.

Sementara, bencana topan Katrina kemungkinan akan memaksa perusahaan asuransi membayar ganti rugi sebanyak 60 milyar dollar, hampir dua kali lipat dari perkiraan semula. Tapi pakar-pakar asuransi memperkirakan kerugian seluruhnya bisa mencapai 125 milyar dollar, karena kira-kira separuh dari kerugian itu tidak diasuransikan. Tingkat kerugian yang jauh lebih tinggi itu disebabkan karena 80 persen kota new Orleans tergenang air setelah topan hebat yang mengakibatkan bobolnya tanggul-tanggul.

XS
SM
MD
LG