Tautan-tautan Akses

KTT G-8 Dibuka di Skotlandia, Terfokus Pada Afrika dan Perubahan Iklim


Pemimpin tujuh negara industri terkemuka dan Rusia berada di Skotlandia untuk menghadiri KTT yang diduga akan terfokus pada bantuan untuk Afrika dan perubahan iklim. KTT Kelompok-8 selama tiga hari di Gleaneagles, dekat Edinburgh, itu dibuka hari Rabu dengan jamuan makan malam, dengan Ratu Inggris Elizabeth sebagai nyonya rumah.

Sebelumnya, PM Inggris Tony Blair mengatakan, ia berharap persetujuan akan dapat dicapai tentang paket untuk Afrika mengenai perdagangan, resolusi konflik, dan bantuan. Ia juga menyerukan konsensus mengenai perubahan iklim. Sebelumnya, di Denmark Presiden Bush menegaskan kembali tentangannya terhadap perjanjian Kyoto yang bertujuan mengurangi gas rumah kaca yang dianggap sebagai penyebab naiknya suhu bumi. Alih-alih, ia menyerukan pengembangan teknologi energi alternatif.

Presiden Bush juga menegaskan lagi dukungan pada pengampunan hutang untuk negara-negara termiskin Afrika. Para pemimpin Kelompok-8 diduga akan mendukung program untuk mengampuni hutang 18 negara Afrika, umumnya terletak di selatan Gurun Sahara, sebesar 40 milyar dolar. Para pemimpin Uni Afrika menyerukan pengurangan hutang untuk negara-negara di seluruh Afrika.

Sementara itu, polisi Skotlandia mengatakan, mereka telah menahan sekurang-kurangnya 100 orang demonstran yang menentang globalisasi dan perang Irak, dalam bentrokan di dekat tempat berlangsungnya KTT G-8 dan kota-kota sekitarnya. Polisi mengatakan, sekurang-kurangnya delapan orang polisi cedera dalam bentrokan hari Rabu itu.

Para pejabat keamanan mengatakan, polisi berhasil mencegah beberapa ratus orang demonstran yang berusaha menembus penjagaan sekitar 500 meter dari hotel tempat berlangsungnya KTT. Menurut polisi, kelompok demonstran itu memisahkan diri dari lima sampai enam ribu orang demonstran lain yang berdemonstrasi dengan tertib. Insiden paling serius terjadi sebelumnya di kota Stirling, di mana para demonstran melempari polisi dengan batu dan memecah kaca-kaca jendela.

Para demonstran lain melakukan protes di ibukota Skotlandia, Edinburgh. Lebih dari 10 ribu polisi dikerahkan untuk menjaga keamanan selama KTT tiga hari itu.

XS
SM
MD
LG