Tautan-tautan Akses

Panel PBB Buka Kembali Penyelidikan Program Minyak Untuk Pangan 


Panel PBB sekarang mengkaji ulang informasi baru yang menimbulkan pertanyaan-pertanyaan baru mengenai kaitan Sekretaris Jenderal Kofi Annan dengan program minyak-ganti-pangan untuk Irak.

Kajian itu didasarkan pada email yang mengemukakan Annan mungkin tahu lebih banyak daripada yang diakuinya mengenai sebuah kontrak yang diberikan kepada perusahaan yang mempekerjakan putranya. E-mail itu – yang mula-mula diungkapkan dalam harian New York Times edisi hari Selasa, merincikan pertemuan yang melibatkan Annan dan seorang eksekutif perusahaan Cotecna tidak lama sebelum perusahaan itu memenangkan kontrak minyak-ganti-pangan.

Dalam e-mail itu, eksekutif Cotecna menulis bahwa ia telah melangsungkan diskusi dengan sekretaris jenderal itu dan diberitahu oleh Annan dan rekan-rekannya -- dalam tanda kutip –“ Kami bisa mengandalkan dukungan mereka.” Jika akurat, e-mail itu bisa menantang temuan utama penyelidikan independen atas program minyak-ganti-pangan itu bahwa tidak cukup bukti yang menunjukkan Annan mengetahui tentang upaya Cotecna untuk memenangkan kontrak tersebut.

XS
SM
MD
LG