Tautan-tautan Akses

Dick Cheney: Tidak Ada Rencana Menutup Penjara Guantanamo


Wakil Presiden Amerika Dick Cheney mengatakan Pemerintahan Bush sekarang ini tidak mempunyai rencana untuk menutup tempat penahanan militer di Teluk Guantanamo, Kuba.

Dalam wawancara yang akan disiarkan Senin ini di Saluran Fox News, Wakil Presiden Cheney mengatakan penting untuk memahami bahwa para tersangka Taleban dan al Qaida yang ditahan di Guantanamo itu, mengutip kata-katanya, “orang-orang tidak baik.” Komentar Wakil Presiden Amerika itu dikeluarkan setelah beberapa anggota Senat Amerika dan mantan Presiden Jimmy Carter menyerukan penutupan penjara itu, yang sekarang ini menyekap kurang lebih 540 tahanan.

Hari Ahad, Majalah TIME memberitakan bahwa personil Amerika di Guantanamo memperlakukan seorang tersangka pejabat tinggi al Qaida dengan teknik interogasi yang keras, termasuk tidak memberinya kesempatan untuk tidur.

Menanggapi berita itu, Departemen Pertahanan Amerika mengatakan interogasi terhadap Mohamed al-Kahtani telah berhasil mendapatkan informasi berharga mengenai rencana al Qaida – tetapi selalu terjadi di dalam ukuran perlakuan berkemanusiaan yang tak diragukan lagi yang diterapkan kepada semua tahanan.”

XS
SM
MD
LG