Tautan-tautan Akses

Bush: AS Berusaha Tingkatkan Aliran Bantuan Keuangan ke Afrika


Presiden Bush mengatakan kepada negara-negara Afrika, pemerintah Amerika berusaha meningkatkan dan memperbaiki aliran uang bantuan ke benua itu.

Dalam pesan rekaman yang diberikan khusus kepada VOA, Presiden Bush mengatakan, para pejabat Amerika menggunakan semua program bantuan untuk menggalakkan lembaga-lembaga demokrasi, membasmi korupsi dan melindungi para pekerja Afrika.

Pernyataan itu dikeluarkan sehari setelah Presiden Bush bertemu dengan PM Inggris Tony Blair di Gedung Putih untuk membahas peningkatan usaha bantuan di Afrika. Setelah pertemuan itu, kedua pemimpin mengatakan, mereka hampir mencapai persetujuan mengenai pengampunan hutang negara-negara termiskin Afrika.

Beberapa organisasi memuji pengampunan hutang itu sebagai preseden penting, tetapi ditambahkan, seharusnya program itu berlaku untuk semua negara miskin.

Sekjen PBB Kofi Annan mengatakan, ia menyambut gembira rencana bagi tambahan bantuan darurat kemanusiaan ke Afrika, selama negara-negara donor terus membantu rakyat Afrika memperbaiki perekonomian mereka.

XS
SM
MD
LG