Tautan-tautan Akses

Pakistan: Laporan Tewasnya Tokoh Al-Qaida Tidak Benar


Pakistan membantah laporan media Amerika bahwa seorang tokoh al-Qaida tewas pekan ini di wilayah Pakistan dekat perbatasan dengan Afghanistan.

Menteri Penerangan Sheikh Rashid Ahmed mengatakan hari Sabtu, peristiwa itu tidak terjadi. Badan Intelijen Pusat Amerika, CIA, tidak mau memberikan komentar, dan jurubicara militer Amerika di Afghanistan tidak dapat mengukuhkannya.

Beberapa jaringan televisi Amerika mengatakan, pesawat tak berawak yang dioperasikan CIA melancarkan serangan dan menewaskan Haitham al-Yemeni di wilayah terpencil di Pakistan bagian barat laut. Televisi ABC melaporkan, para pejabat Amerika memutuskan untuk melancarkan serangan itu, karena khawatir el-Yemeni akan bersembunyi, setelah tokoh al-Qaida lain, Abu Faraj al-Libbi tertangkap di Pakistan.

CIA menggunakan pesawat tak berawak pada bulan November untuk menghancurkan sebuah mobil di Yaman. Serangan itu menewaskan enam orang tersangka anggota al-Qaida, termasuk Qaed Salim Sinan al-Harethi, rekan dekat Osama bin-Laden.

XS
SM
MD
LG