Tautan-tautan Akses

Tujuh Tewas dalam Penembakan di Lokasi Pertanian di California Utara


Polisi di negara bagian California, AS, mengatakan tujuh orang tewas pada hari Senin (23/1) dalam dua penembakan yang berkaitan di fasilitas pertanian, dalam ilustrasi. (Foto: AP)
Polisi di negara bagian California, AS, mengatakan tujuh orang tewas pada hari Senin (23/1) dalam dua penembakan yang berkaitan di fasilitas pertanian, dalam ilustrasi. (Foto: AP)

Polisi di negara bagian California, AS, mengatakan tujuh orang tewas pada hari Senin (23/1) dalam dua penembakan yang berkaitan di fasilitas pertanian.

Penembakan itu terjadi di Half Moon Bay, sebelah selatan San Francisco.

Pihak berwenang mengatakan pada konferensi pers bahwa empat orang ditemukan tewas dan satu orang lagi mengalami luka tembak di sebuah lokasi, sementara tiga lainnya ditemukan tewas di lokasi kedua, beberapa kilometer dari lokasi pertama.

Sherif San Mateo County Christina Corpus mengidentifikasi tersangka penembak sebagai Chunli Zao, 67, dan ia mengatakan bahwa tersangka bekerja di salah satu lokasi penembakan.

Pihak berwenang mengatakan tersangka ditangkap setelah ia mengemudi ke halaman parkir kantor polisi, tampaknya untuk menyerahkan diri. Sepucuk senjata ditemukan di dalam kendaraan itu.

Corpus mengatakan tersangka bersikap kooperatif dengan penyelidik, tetapi motifnya belum jelas.

“Kami masih berusaha memahami persisnya apa yang terjadi dan mengapa, tetapi ini benar-benar tragis,” kata senator negara bagian California Josh Becker, yang mewakili daerah itu dan menyebutnya sebagai komunitas pertanian yang “sangat erat.”

Penembakan pada Senin (23/1) itu menyusul penembakan massal pada Sabtu (21/1) di Monterey Park, kota di bagian selatan California, yang menewaskan 11 orang dan melukai sembilan lainnya.

Gubernur California Gavin Newsome mencuit bahwa ia sedang berada di rumah sakit, bertemu mereka yang cedera dalam penembakan hari Sabtu, ketika mendengar kabar mengenai serangan yang terjadi pada Senin (23/1).

“Tragedi demi tragedi,” cuitnya. [uh/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG