Tautan-tautan Akses

Rusia Rebut Pembangkit Listrik di Ukraina Selatan


Pembangkit listrik Vuhlehirsk dekat kota Svitlodarsk, wilayah Donetsk, Ukraina, terbakar akibat serangan Rusia, 12 Juni 2022. (REUTERS/Gleb Garanich )
Pembangkit listrik Vuhlehirsk dekat kota Svitlodarsk, wilayah Donetsk, Ukraina, terbakar akibat serangan Rusia, 12 Juni 2022. (REUTERS/Gleb Garanich )

Seorang pejabat Ukraina, Rabu (27/6) mengatakan bahwa pasukan Rusia telah merebut pembangkit listrik terbesar kedua di Ukraina dan sedang kembali "mengerahkan pasukan besar-besaran" ke tiga wilayah di Ukraina selatan.

Oleksiy Arestovych, penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, mengukuhkan direbutnya pembangkit listrik Vuhlehirsk di wilayah Donetsk. Tetapi menurutnya, perkembangan itu adalah "kemenangan taktis kecil" bagi Rusia.

Dia mengatakan pengerahan pasukan Rusia melibatkan pengiriman pasukan ke daerah Melitopol, Zaporizhzhia dan Kherson sebagai bagian dari perubahan nyata pada upaya pertahanan strategis.

Kementerian pertahanan Inggris, Kamis (28/7) mengatakan bahwa pasukan Ukraina mengumpulkan momentum dalam serangan balasan di Kherson, wilayah yang diduduki Rusia sejak awal invasi yang diluncurkan pada akhir Februari. Penilaian harian kementerian pertahanan Inggris menyebutkan bahwa kota Kherson “kini terputus dari wilayah pendudukan lainnya.”

Pasukan Ukraina menyerang jembatan Antonivskyi di atas Sungai Dnipro, Selasa malam (26/7). Pejabat Rusia mengatakan pasukan mereka akan menggunakan cara lain untuk menyeberangi area dengan jembatan yang rusak, termasuk menggunakan jembatan ponton dan feri.

Menteri Luar Negeri Amerika Antony Blinken, Rabu (27/7) mengatakan bahwa ia akan berbicara dengan menteri luar negeri Rusia Sergey Lavrov dalam beberapa hari ke depan. Diskusi diperkirakan mencakup implementasi kesepakatan untuk melanjutkan ekspor biji-bijian melalui pelabuhan Laut Hitam Ukraina dan wilayah Donbas yang dicaplok Rusia.

Blinken mengatakan dia juga akan berbicara dengan Lavrov soal tawaran “substansial” untuk membawa pulang bintang bola basket Amerika Brittney Griner dan mantan Marinir Amerika Paul Whelan. Keduanya kini ditahan di Rusia. Orang-orang yang mengetahui masalah ini menggambarkannya sebagai pertukaran tahanan yang akan mengirim terpidana pedagang senjata Rusia, Viktor Bout, kembali ke Rusia. [ka/ab]

Forum

XS
SM
MD
LG