Tautan-tautan Akses

Wabah COVID-19 Akhiri Pelayaran Kapal Pesiar Jerman di Lisbon


Orang-orang berdiri di atas dek kapal pesiar asal Jerman AIDAnova yang berlabuh di Lisbon, tepat sebelum tengah malam Tahun Baru pada 31 Desember 2021. (AP/Armando Franca)
Orang-orang berdiri di atas dek kapal pesiar asal Jerman AIDAnova yang berlabuh di Lisbon, tepat sebelum tengah malam Tahun Baru pada 31 Desember 2021. (AP/Armando Franca)

Operator kapal pesiar yang terdampar di pelabuhan Lisbon karena wabah virus corona di kalangan krunya, menghentikan perjalanan pada Minggu (2/1), setelah sejumlah penumpang kapal tersebut terjangkit COVID-19, kata para pejabat pelabuhan.

Kapal pesiar AIDAnova, dengan 2.844 penumpang dan 1.353 kru di dalamnya, berlabuh di Lisbon pada 29 Desember saat sedang dalam perjalanan menuju pulau Madeira untuk perayaan Malam Tahun Baru. Tapi kapal itu tidak bisa melanjutkan perjalanan setelah 52 kasus COVID-19 terdeteksi di kalangan kru yang sudah divaksin penuh.

Kapal Jerman itu telah diperbolehkan meninggalkan pelabuhan dan bergerak menuju pulau Lanzarote, Spanyol, pada Minggu (2/1), tapi sekarang 12 orang lagi dinyatakan positif COVID-19, termasuk diantaranya empat orang penumpang, kata kapten pelabuhan Diogo Vieira Branco kepada radio TSF.

"Protokol perusahaan segera diberlakukan, mereka yang terinfeksi, yang tidak bergejala atau bergejala ringan, segera menjalani isolasi mandiri di kapal ... dan perusahaan itu memutuskan untuk mengakhiri pelayaran dan menurunkan para penumpang," katanya.

Para penumpang akan dipulangkan lewat udara, tambahnya, tanpa merincikan jadwalnya.

Perusahaan itu, AIDA Cruises, yang merupakan anak perusahaan Carnival Corp., belum membalas permintaan Reuters untuk berkomentar. [vm/rs]

Recommended

XS
SM
MD
LG