Tautan-tautan Akses

Tingkat Popularitas Trump Merosot Dibandingkan Biden


Jajak pendapat terakhir menunjukkan warga AS lebih menyetujui Joe Biden (kiri) sebagai Presiden.
Jajak pendapat terakhir menunjukkan warga AS lebih menyetujui Joe Biden (kiri) sebagai Presiden.

Jajak pendapat politik Amerika semakin menunjukkan bahwa orang Amerika tidak menyetujui kinerja Presiden Donald Trump semasa menjabat, dan bahwa ia tertinggal dalam upayanya untuk memegang tampuk kekuasaan empat tahun lagi dari mantan Wakil Presiden Joe Biden.

Dalam jajak pendapat terbaru hari Senin (8/6), CNN mengatakan, para pemilih yang disurvei pekan lalu tidak menyetujui Trump menjabat presiden dengan selisih 57 banding 38%, dan kalah dari Biden dengan selisih 55 banding 41% lima bulan menjelang Hari Pemilihan pada 3 November.

Trump mencemooh jajak pendapat CNN itu dalam cuitan. Ia menulis, jajak pendapat itu "sama palsu dengan berita mereka."

Trump mengatakan ia memiliki "angka yang sama, dan lebih buruk, dibandingkan Hillary Clinton” (pada jajak pendapat menjelang Pilpres 2016, red.). Mantan menteri luar negeri itu kalah dari Trump dalam pemilihan presiden tahun 2016, dan Trump mengejeknya dengan sebutan Crooked.

Tingkat popularitas Trump yang rendah datang sementara pemilih menilai penanganannya terhadap pandemi virus corona dalam tiga bulan ini dan yang lebih dekat, protes nasional dalam dua minggu ini atas kematian George Floyd ketika dalam tahanan polisi di Minneapolis, Minnesota.

Biden juga mengalahkan Trump dalam penanganan pandemi virus corona, 55 banding 41%, sementara pemilih lebih menyukai Trump dalam ekonomi dengan selisih 51 banding 46%.

Jajak pendapat nasional di Amerika secara konsisten menunjukkan Biden unggul dari Trump, di 40 negara bagian pada Mei dan sembilan negara bagian lainnya pada Juni.[ka/jm]

XS
SM
MD
LG