Tautan-tautan Akses

Badai Dorian “Sangat Berbahaya” Saat Mendekati Bahama, Florida


Badai Dorian yang ditangkap oleh alat MODIS di satelit Terra milik NASA, bergerak mendekati kawasan Florida , 28 Agustus 2019. (Foto: dok).
Badai Dorian yang ditangkap oleh alat MODIS di satelit Terra milik NASA, bergerak mendekati kawasan Florida , 28 Agustus 2019. (Foto: dok).

Pusat Badai Nasional Amerika (NHC) Jumat menyatakan Badai Dorian diperkirakan akan menguat menjadi “badai besar” hari Jumat.

“Dorian kemungkinan besar akan tetap menjadi badai yang sangat berbahaya sewaktu bergerak mendekati bagian barat laut Bahama dan mendekati Semenanjung Florida hingga akhir pekan,” sebut NHC.

Pemerintah Bahama telah melaporkan tentang pengawasan badai untuk kawasan barat laut Bahama, sedangkan Gubernur Florida Ron DeSantis telah menetapkan situasi darurat untuk seluruh kawasan negara bagian itu.

Curah hujan yang dibawa Dorian dapat menimbulkan banjir bandang yang mengancam jiwa, sebut NHC.

Dorian bergerak dengan kecepatan maksimum angin yang menyertainya 165 kilometer per jam.

Para pakar cuaca memperkirakan Dorian mungkin menghantam Florida Tenggara pada Senin pagi sebagai topan kategori 4 dengan angin berkecepatan sedikitnya 209 kilometer per jam.

Menurut para pakar, badai kategori 4 mampu menimbulkan kerusakan parah – menghancurkan rumah, toko, jalan dan merubuhkan pohon serta tiang-tiang listrik.

Gubernur Florida Ron DeSantis telah menetapkan situasi darurat, membuka jalan bagi pengerahan anggota Garda Nasional apabila perlu dan menyediakan lebih banyak lagi bahan bakar.

Presiden Amerika Donald Trump telah membatalkan rencana perjalanannya ke Polandia untuk memastikan semua sumberdaya pemerintah federal difokuskan pada badai yang menjelang. “Ini sesuatu yang membuat kehadiran saya di sini sangat penting,” katanya hari Kamis.

Presiden memiliki beberapa properti di Florida, termasuk resor Mar-a-Lago di Palm Beach dan Trump National Doral di Miami, yang telah diusulkan Trump sebagai lokasi KTT G7 tahun depan.

Warga di pesisir Atlantik Florida telah diminta bersiaga menghadapi kemungkinan evakuasi. Mereka mengisi penuh tangki bensin dan menyiapkan bahan makanan, air dan persediaan darurat lainnya.

Sebagian besar Puerto Rico dan Kepulauan Virgin Inggris lolos dari terjangan Dorian, yang menimbulkan banjir dan pemadaman listrik tetapi tidak menyebabkan kerusakan berat. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG