Tautan-tautan Akses

Perang Dagang dengan China Meningkat, Trump Umumkan Tarif Baru


Presiden AS Donald Trump dalam pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping di sela KTT G20 di Osaka, Jepang 29 Juni 2019 (foto: dok).
Presiden AS Donald Trump dalam pertemuan dengan Presiden China Xi Jinping di sela KTT G20 di Osaka, Jepang 29 Juni 2019 (foto: dok).

Presiden Amerika Donald Trump hari Jumat (23/8) mengumumkan kenaikan tarif baru atas barang-barang yang diimpor dari China.

Trump menyebut pengumuman China menaikkan tarif tambahan bagi barang-barang Amerika bernilai 75-milyar dollar sebagai “bermotif politik.” Ia membalas dengan menaikkan tarif yang dikenakan atas barang China bernilai 250 milyar dollar, dari 25 persen menjadi 30 persen mulai tanggal 1 Oktober.

Selain itu, kata Trump lewat Twitter, tarif bagi barang China bernilai 300 milyar dolar yang akan diberlakukan mulai 1 September, akan dinaikkan dari 10 menjadi 15 persen.

Hanya beberapa jam sebelumnya, Trump memerintahkan perusahaan-perusahaan Amerika supaya segera mencari tempat berusaha selain China, setelah China menaikkan tarif atas barang Amerika bernilai 75-milyar dolar dan melanjutkan lagi tarif impor 25-persen atas mobil buatan Amerika.

Trump tidak menjelaskan atas dasar peraturan apa ia memerintahkan perusahaan Amerika untuk keluar dari China. (ii)

Recommended

XS
SM
MD
LG