Tautan-tautan Akses

G7 Adakan KTT di Tengah Kekhawatiran akan Perekonomian Global


Presiden Perancis Emmanuel Macron saat menyampaikan pidato di kantor UNESCO, Paris, Perancis, 5 Juli 2019.
Presiden Perancis Emmanuel Macron saat menyampaikan pidato di kantor UNESCO, Paris, Perancis, 5 Juli 2019.

Tuan rumah G7, Emmanuel Macron, telah menjadikan “memerangi ketimpangan” sebagai tema untuk pertemuan tahunan tujuh negara industri, yang dibuka hari Sabtu di resor tepi laut Perancis, Biarritz, dengan para pemimpin negara lainnya, termasuk Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Italia, Jepang dan Kanada yang hadir.

Presiden Perancis telah mengundang para pemimpin dari beberapa negara lain, termasuk enam negara Afrika, untuk mengambil bagian dalam diskusi tahunan tentang berbagai tantangan utama secara global. Tetapi, para analis mengatakan ambisi besar untuk KTT itu kemungkinan akan terhalang oleh kekhawatiran akan perekonomian yang lebih mendesak.

Yang paling mengkhawatirkan adalah indikator terbaru dari kedua sisi Atlantik tentang perlambatan pertumbuhan ekonomi dan kemungkinan terjadinya resesi global.

Awal bulan ini, imbal hasil obligasi pemerintah baik di Amerika Serikat maupun di Jerman secara singkat lebih tinggi untuk obligasi dua-tahun daripada untuk obligasi sepuluh-tahun, suatu isyarat bahwa investor melihat risiko signifikan ke depan, kata ekonom Jasper Lawler dari London Capital Group.

Kekhawatiran akan perekonomian itu berakar pada perang dagang antara Amerika Serikat dan China, yang telah mengakibatkan kedua negara memberlakukan tarif impor senilai ratusan miliar dolar. Eropa menderita hambatan tambahan, kata ekonom Lawler.

Tuan rumah KTT, Perancis, bertekad untuk tidak membiarkan ekonomi membayangi agendanya sendiri dan yang teratas dalam daftar adalah perubahan iklim, kata John Kirton dari G7 Research Group di University of Toronto. [lt/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG