Kamis, 23 Oktober 2014 Waktu UTC: 03:44

Berita / Dunia / Eropa

Turki Bebaskan 10 Politisi Pro-Kurdi

Pengadilan Turki telah membebaskan 10 politisi pro-Kurdi yang dituduh memiliki kaitan dengan Partai PKK yang terlarang.

Ratusan narapidana Kurdi diperkirakan akan dibebaskan setelah parlemen Turki meloloskan UU hukum pidana baru (foto: dok).
Ratusan narapidana Kurdi diperkirakan akan dibebaskan setelah parlemen Turki meloloskan UU hukum pidana baru (foto: dok).
Ke-10 politisi itu dibebaskan hari Selasa oleh pengadilan di kota Diyarbakir. Alasan pembebasan tidak dijelaskan, tetapi kantor berita Perancis mengutip para pejabat pengadilan yang mengatakan keputusan itu dibuat dengan alasan masa tahanan mereka telah melampaui masa hukuman penjara yang bisa dijatuhkan atas mereka.

Ke-10 politisi itu termasuk diantara ribuan orang yang ditahan sejak 2009 atas tuduhan terlibat dalam sebuah kelompok politik terkait Partai Buruh Kurdi (PKK).

Pemerintah Turki kini mengadakan pembicaraan dengan pemimpin PKK yang dipenjara, Abdullah Ocalan, guna mengakhiri pemberontakan Kurdi selama 28 tahun.

Ratusan narapidana Kurdi diperkirakan akan dibebaskan setelah parlemen meloloskan UU hukum pidana baru, yang akan menyesuaikan UU anti-teror Turki dengan standar Eropa.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook