Senin, 20 Oktober 2014 Waktu UTC: 13:03

Berita / Dunia

Rusia Menentang Resolusi Kemanusiaan Suriah

Pernyataan ini kemungkinan besar akan mengacaukan rancangan resolusi yang didukung Arab dan negara-negara Barat.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov (kanan) menyambut Ahmad Jarba, pemimpin delegasi Koalisi Nasional Suriah di Moskow (4/2). (AP/Alexander Zemlianichenko)
Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov (kanan) menyambut Ahmad Jarba, pemimpin delegasi Koalisi Nasional Suriah di Moskow (4/2). (AP/Alexander Zemlianichenko)
Duta Besar Rusia untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan Moskow menentang sebuah resolusi baru Dewan Keamanan PBB mengenai masalah kemanusiaan di Suriah.

Pernyataan ini kemungkinan besar akan mengacaukan rancangan resolusi yang didukung Arab dan negara-negara Barat, yang akan menekan pemerintah dan oposisi agar pengiriman bantuan yang sangat diperlukan ke negara tersebut dapat dilakukan.

Vitaly Churkin mengatakan dalam keterangan pers Rabu (5/2) bahwa “kerja keras, pragmatis dan bermakna diperlukan” untuk menyelesaikan isu-isu kemanusiaan khusus, bukannya resolusi baru dewan yang sudah hampir pasti bertujuan untuk mempolitisir masalah.

Para diplomat di Dewan Keamanan menyatakan berharap akan mengedarkan rancangan resolusi kemanusiaan tersebut pekan ini, setelah pembicaraan perdamaian antara pemerintah Suriah dan oposisi gagal mencapai hasil konkret pekan lalu, khususnya mengenai konvoi bantuan kemanusiaan ke daerah-daerah terkepung di kota Homs.

Rusia dan China, yang mendukung  pemerintah Suriah, telah memveto tiga resolusi dukungan Barat sebelumnya yang akan menekan Presiden Bashar al-Assad untuk mengakhiri kekerasan.
Forum ini telah ditutup.
Komentar-komentar
     
Tidak ada komentar di forum ini. Jadi yang pertama dan pasang komentar Anda

Ikuti Kami

 Aktivitas di Facebook